Wah, Bukit Serang Blitar Semakin Hijau dengan Program Menanam Perhutani dan Penggiat Lingkungan

Menanam saat ini menjadi salah satu kegiatan yang paling digemari masyarakat. Tak hanya di desa warga kota pun menjadikan aktivitas menanam sebagai kegiatan yang mampu menyegarkan udara dan mata.

Di Pantai Serang Blitar, warga desa tengah gencar mengkampanyekan gerakan menanam untuk kawasan hutan lindung percontohan. Dalam dua bulan terakhir kegiatan menanam bibit pohon dilakukan secara bergilir dari satu komunitas ke komunitas peduli lingkungan.

PSHT Menanam, Brofic Menanam, SYC Menanam telah mengawali kegiatan penghijauan lahan untuk kawasan hutan lindung percontohan di bukit Pantai Serang Blitar sepanjang November hingga Desember 2021.

Musim penghujan tentu menjadi waktu yang pas untuk menanam bibit pohon. Kegiatan menanam yang diinisasi warga desa yang juga influencer, Endik Koeswoyo dan Dita Faisal di lahan perbukitan Desa Serang Blitar tampaknya mendapat dukungan penuh dari Perhutani Lodoyo Timur.

Sebagai pemilik kawasan, Perhutani Lodoyo Timur yang diteruskan oleh Perhutani RPH Serang justru mengajak serta para penggiat lingkungan untuk terlibat aktif dalam gerakan menanam untuk kawasan hutan lindung percontohan di Pantai Serang Blitar.

Kepala Polisi Hutan wilayah Desa Serang, Zanuar mengungkapkan bahwa keterlibatan warga dan penggiat lingkungan untuk menanam bibit pohon di kawasan hutan lindung percontohan di bukit Pantai Serang Blitar bertujuan agar fungsi pengawasan bisa dilakukan bersama-sama.
Tim Perhutani RPH Serang bersama warga melakukan pengaciran di Pantai Serang Blitar (10/12)
Zanuar berujar tanpa pengawalan masyarakat maka bibit pohon yang ditanam tidak akan bisa bertahan lama akibat ulah pihak yang tak bertanggungjawab.

"Mempertahankan tetap lestari itu kan kita butuh peran mereka (masyarakat). Kalau hanya dari pihak Perhutani saja kita personilnya terbatas untuk pengawasan, kita gak bisa maksimal," ungkap Mantri Hutan Perhutani RPH Serang, Zanuar saat melakukan pengaciran (10/12).

Rencananya, Perhutani RPH Serang akan kembali menanam pohon di kawasan perbukitan Pantai Serang pada 15 Desember dengan menggandeng lembaga desa, komunitas pencak silat, dan para penggiat lingkungan.

Kegiatan kawasan hutan lindung percontohan di bukit Pantai Serang Blitar pada 15 Desember mendatang renacananya juga akan dihadiri para pejabat terkait, antara lain Administratur Perhutani KPH Blitar, Dandim Blitar, Kadis LH Kab Blitar, Camat Panggungrejo, Kapolsek Panggungrejo, Danramil Panggungrejo, Asper Lodoyo Timur, dan Kades Serang.
Kabar dan Berita
Kabar dan Berita Kami hadir untuk mengabarkan segala sesuatu yang layak untuk diberitakan. "Anda Punya Kabar Kami Yang Beritakan"

Posting Komentar untuk "Wah, Bukit Serang Blitar Semakin Hijau dengan Program Menanam Perhutani dan Penggiat Lingkungan"