Peduli Lingkungan Banget! Para Pemuda ini Siapkan Lahan Untuk ditanami Ratusan Bibit Pohon


Pemuda merupakan aset berharga untuk memajukan potensi daerahnya. Pemuda milenial dan Generasi Z (Gen Z) memiliki cara yang beragam untuk bisa menunjukkan aksi nyatanya pada dunia.

Kepedulian terhadap alam menjadi hal yang paling mendasar yang kini dilakukan oleh masyarakat desa di Desa Serang Blitar, Jawa Timur. Para pemuda yang tergabung dalam komunitas kepemudaan Serang Youth Creative (SYC) dengan aksi nyata melakukan penanaman ratusan bibit pohon buah di hutan lindung percontohan Pantai Serang Blitar. 

Hal yang patut diacungi jempol adalah kerelaan para pemuda desa yang membolehkan lahannya ditanami ratusan bibit pohon. Meski telah ditanami bibit pohon, namun lahan-lahan tersebut masih bisa ditanami tumbuhan musiman seperti jagung dan singkong. 

Penanaman bibit pohon ini berlokasi di bukit Pantai Serang Blitar pada Minggu, 5 Desember 2021. Kali ini lahan yang dijadikan percontohan hutan lindung adalah milik nelayan milenial, David Naviria.

"Meyakinkan orang tua itu yang sulit karena orang tua maunya ditanami jagung lagi-jagung lagi. Sebenarnya gak papa yang penting ada pohon besarnya. Itu mau saya. Setelah saya meyakinkan orang tua untuk itu (pohon) orang tua jadi membolehkan untuk ditanami pohon-pohon yang gak semusim seperti pohon, buah-buahan," kata David Naviria usai menurunkan bibit buah-buahan di lahannya.
David Naviria dan Dita Fasisal menanam pohon di Pantai Serang Blitar (5/12)
Pemuda Serang Youth Creative melakukan gerakan menanam pohon bukan tanpa alasan. Mereka mengamati dan melihat sendiri bagaimana keadaan alam sekitar yang banyak berubah. Banjir menerjang dan udara panas menjadi lumrah akibat rusaknya lingkungan dan gundulnya hutan. 

Pengalaman menjadi korban banjir anggota SYC, Naqieb Hakimi pada pertengahan November lalu menjadi bukti bahwa alam sudah tidak seimbang.

"Beberapa waktu yang lalu rumah saya terendam banjir karena posisi rumah saya berada diantara bukit sehingga jika bukit disekitar rumah gundul pasti air akan mengalir dan masuk rumah. Sudah saatnya momentum ini kita jadikan pemantik untuk peduli terhadap alam," ucap pemuda yang punya hobi mengedit video.

Sementara itu Ketua SYC Havis Dimas mengatakan jika kegiatan menanam pohon akan berlanjut dan  tidak berhenti di lahan milik David saja tetapi juga di lahan anggota SYC lainnya.

"Bismillah kegiatan ini akan terus kita laksanakan ke beberapa lahan orang tua kami, dan semoga juga bisa memberi pengertian ke tetangga sekitar kami tentang pentingnya hutan sehingga mereka juga akan mengikuti apa yang saya dan teman-teman lakukan hari ini," tutup Havis Dimas yang juga merupakan petani milenial di Desa Serang Blitar.

Pemuda yang hebat itu bukan pemuda yang kaya, pintar, atau tampan melainkan pemuda yang menyalurkan apa yang dimilikinya untuk kepentingan orang banyak dan dapat memberikan manfaat. (IR)
Impron Rosadi
Impron Rosadi Hai, saya pemuda dari Desa Wisata Serang Blitar. Punya hobi berolahraga, kini saya tengah memfokuskan diri untuk menulis dan menjadi kreator konten. Salam kenal ya.

Posting Komentar untuk "Peduli Lingkungan Banget! Para Pemuda ini Siapkan Lahan Untuk ditanami Ratusan Bibit Pohon"