Luangkan Waktu 1,5 Jam, Dita Faisal Mentori Kelas Menulis Naskah Berita

Penulis: Asih Rehey   Editor: Endik Koeswoyo

Foto: Dok. Instagram @ditafaisal_
Komunitas yang mewadahi penulis dari seluruh Indonesia, Jaringan Penulis Indonesia kembali menggelar pelatihan penulisan artikel berita pada Selasa, 1 Juni 2021. 

Rencananya kegiatan pelatihan menulis ini akan dijadwalkan mingguan dengan tema berbeda dan diperuntukkan khusus bagi sahabat JPI yang tergabung dalam grup WhatsApp JPI terverifikasi.

Kegiatan pelatihan menulis naskah berita ini sengaja menggandeng mentor yang mumpuni di bidang penyiaran, Dita Faisal. Pengalamannya lebih dari satu dekade menekuni bidang jurnalistik membuat JPI tak ragu-ragu untuk memberikan kesempatan kepada Dita Faisal untuk membuka kegiatan pelatihan perdana menulis naskah berita online dan naskah berita televisi. 

Materi yang disampaikan pada JPI Class On The Moon ini bertema "Bedanya Menulis Artikel Berita Online dengan Naskah Berita TV." Kegiatan pelatihan menulis naskah berita ini dipandu oleh Endik Koeswoyo mulai pukul 14.00 sampai pukul 15.30 WIB.

Selama 1,5 jam para anggota grup menyimak dengan antusias materi yang disampaikan oleh Dita Faisal. Wanita kelahiran Balikpapan itu membedah cara menulis artikel berita online dan berita televisi dengan sangat lugasnya. Dita juga dengan senang hati membagi tips dan ilmu yang didapatnya selama puluhan tahun menjadi wartawan televisi berita nasional. 

"Menulislah supaya orang tahu siapa kita," begitulah pesan Dita pada peserta JPI Class. 

Presenter berita tvOne yang kerap menghiasi layar kaca tersebut juga menyampaikan rahasia penting yang selama ini menjadi kunci para penulis handal. 

"Pada intinya mau menulis berita tv atau artikel online semua rumusnya sama, yaitu tetap pada 5W+1H.  Dari 5W+1H, penulis bisa membuat artikel yang tadi datanya cuma 5 kalimat menjadi 1 halaman atau bahkan 2 halaman," terangnya dalam percakapan WhatsApp.

Pelatihan menulis naskah berita  diakhiri dengan sesi tanya jawab dari para anggota. Sebagai mentor JPI Class, Dita Faisal dan Endik Koeswoyo berharap kegiatan pelatihan menulis ini bisa bermanfaat bagi sahabat JPI sekaligus menambah pengetahuan anggota JPI agar kedepan bisa menulis dengan kaidah yang berlaku sesuai kaidah yang benar. 

Di akhir sesi, Dita Faisal membagikan materi presentasi yang ia persiapkan khusus bagi sahabat JPI hari itu. (AR)
Kabar dan Berita
Kabar dan Berita Kami hadir untuk mengabarkan segala sesuatu yang layak untuk diberitakan. "Anda Punya Kabar Kami Yang Beritakan"

Posting Komentar untuk "Luangkan Waktu 1,5 Jam, Dita Faisal Mentori Kelas Menulis Naskah Berita"