Walau Pandemi, Warga Dusun Jati Sari Tetap Meriahkan HUT RI dengan Sarat Tradisi

Recents in Beach

Walau Pandemi, Warga Dusun Jati Sari Tetap Meriahkan HUT RI dengan Sarat Tradisi

 

Penulis: Ria M

KabarDanBerita.com - 17 Agustus 2020 adalah hari ulang tahun yang ke-75 Republik Indonesia. Meski tak dimeriahkan dengan berbagai perlombaan seperti tahun-tahun sebelumnya, namun masyarakat tetap berupaya menjalankan serangkaian kegiatan untuk mengisi hari kemerdekaan tahun ini.

Di Dusun Jati Sari,  tepatnya di kampung Jati Datar, Kecamatan Bandar Mataram, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung, warga meramaikan kegiatan HUT RI dengan kegiatan rasulan atau bersih dusun. Kegiatan rasulan atau bersih dusun digelar karena bertepatan dengan hari jadi ke-56 Dusun Jati Sari. 

Setiap Senin Kliwon bulan Besar (Dzulhijjah) seperti inilah warga memperingati hari jadi Dusun Jati Sari. Acara peringatan diadakan dua sesi kenduri. Kenduri pertama diadakan pada pagi hari. Para warga serempak berkumpul membawa tumpeng yang dibuat bersama. Kenduri bertujuan untuk mengirim doa dan segala hajat.  

Kenduri kedua dilangsungkan pada sore hari. Saat itu warga dusun akan kembali berkumpul. Tidak ada kue ulang tahun karena yang tampak adalah jejeran tumpeng yang dibuat oleh warga Dusun Jati Sari sendiri. Bagi warga yang memiliki rezeki lebih mereka akan menyedekahkan nasi uduk dan Ingkung. 

Acara kenduri sore dinamakan Kepung yang berarti kumpul. Makna yang tersirat adalah berkumpul untuk bersuka-cita atas limpahan nikmat dan untuk mengingat kembali perjuangan para leluhur yang mendirikan Dusun Jati Sari. Tak lupa para warga berdoa agar diberi  kesehatan, keselamatan, dan kerukunan agar tahun depan bisa berkumpul lagi tanpa suatu halangan apapun.

Dengan keikhlasan para warga yang turut menyuguhkan berbagai makanan tersebut, diharapkan agar bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT dan bisa saling merangkul sesama warga. Perayaan tahun sebelumnya, biasanya warga akan mengumpulkan dana untuk mengadakan pagelaran wayang kulit dna hiburan menarik lainnya. Tapi sayang, pandemi mengubah semua rencana di tahun ini. 

Di zaman yang sudah modern ini acara kenduri memang sudah langka ditemukan. Oleh karena itulah warga Dusun Jati Sari berharap bisa selalu hidup guyup rukun (kompak) melestarikan budaya di Indonesia. (RM).

Posting Komentar

0 Komentar