Refugia Bikin Sawah Warna-Warni Bebas Hama

Recents in Beach

Refugia Bikin Sawah Warna-Warni Bebas Hama



Penulis: Ria M

LAMPUNG - KabardanBerita.Com - 
Refugia, nama yang sempat asing di telinga pendengarnya kini sudah mulai ramai diperbincangkan banyak orang. Sempat viral di media sosial, Refugia selalu mengundang decak kagum siapa saja yang pertama kali memandangnya. Refugia merupakan salah satu teknik Pengolaan Hama Terpadu (PHT) dengan menanami bunga beraneka warna di tepian sawah. Tentu banyak yang berkomentar saking penasarannya dengan Refugia.



Menurut berbagai sumber yang juga dibenarkan oleh Sri Widarti, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) dari Kelompok Wanita Tani (KWT) Baradatu Lampung bahwa Refugia adalah pagar cantik yang akan menarik perhatian hama melalui bunga warna-warni agar beralih menyerang bunga bukan tanaman pokok. Selain itu, Refugia juga sebagai tempat hidup microhabitat bagi serangga hama, seperti laba-laba, kupu-kupu, dan lebah agar mampu hidup sampai dewasa. Tujuannya adalah agar serangga hama bisa memakan hama, jadi secara alami rantai makanan bisa berjalan seperti yang seharusnya.

Refugia adalah solusi menyelamatkan ekosistem alami persawahan, mengingat petani zaman sekarang kerap menggunakan semprot insektisida kimia yang berlebih. Selain mahal, lahan persawahan akan rusak terpapar bahan kimia.

Teknik PHT sudah dirancang sejak 1990, akan tetapi memang baru aktif sekarang. Di Lampung misalnya, teknik Refugia dikenal satu tahun belakangan.


"Kami mengenal Refugia sejak setahun lalu. Digunakan pada area persawahan dan tanaman sayuran. Belum ada kenaikan yang drastis namun pengamatan petugas pada tanaman cabai mengalami kenaikan 0,3%," pungkasnya.

Bagi anda yang berminat dengan teknik Refugia, ada beberapa tips yang patut diketahui:
  1. Bunga yang bisa ditanam antara lain, bunga kertas, bunga matahari, dan kenikir. Selain bibit mudah dicari, regenerasi tanaman tersebut juga cepat dan yang paling penting dapat bermekaran tiap hari.
  2. Tanam biji tanaman refugia bersamaan dengan tanaman pokok. 
  3. Semprot dengan bahan kimia hanya boleh dilakukan ketika populasi hama meningkat.
  4. Jangan semprot bahan kimia ke tanaman refugia karena akan membunuh predator hama alami yang hidup di sana.
  5. Jangan dipakai untuk berswa foto apalagi rekreasi, karena meskipun warnanya menggemaskan dan indah dilihat saat bermekaran.
Selamat mengembangkan teknik Refugia, semoga tanaman pokok terus subur tanpa hama dengan Refugia. (RM)
   

Posting Komentar

0 Komentar