LPKNI Mengadakan Pelatihan Bekam Gratis

Recents in Beach

LPKNI Mengadakan Pelatihan Bekam Gratis

Pelatihan Bekam LPKNI di Cakra Residence Hotel 


Malang: Lembaga Perlindungan Konsumen Nasional Indonesia (LPKNI) ,Hari ini Rabu (17/7) menyelenggarakan pelatihan bagi para terapis bekam di daerah Malang Raya. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Cakra Residence Hotel, Resto & Travel Turen, Malang, Jawa Timur.

Ketua pelaksana Pelatihan Bekam LPKNI, Wiwik Eka Widarningsih mengatakan, pelatihan bekam ini bertujuan untuk melestarikan budaya atau pengobatan islami ala nabi. Selain itu juga untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur di bidang kesehatan tersebut.

“Pelatihan ini selain untuk mengenalkan dan merawat budaya tradisi pengobatan ala nabi, juga bermaksud menciptakan bekam sebagai peluang entrepreneur di bidang kesehatan,” ujar Ketua Pelaksana Pelatihan Bekam LPKNI, Wiwik Eka Widarningsih usai acara di Cakra Residence Hotel & Travel Turen, Malang, Jawa Timur, Rabu 17 Juli 2019.

Presiden LPKNI, Nanang Nilson mengatakan pelatihan bekam ini, tidak hanya sekali dilakukan di Cakra Residence Hotel saja, akan tetapi akan diadakan beberapa kali pelatihan dan diberlakukan kelas berjenjang.

“Bagi terapis pemula atau yang baru pertamakali mengikuti pelatihan bekam, yang ingin menekuni sebagai tenaga terapis bekam maka akan diikutsertakan dalam kelas magang yang akan dididik oleh tenaga ahli  bekam professional,” tutur Presiden LPKNI Nanang Nilson.  

Peserta yang mengikuti pelatihan bekam yang diselenggarakan oleh  LPKNI  ini juga terlihat antusias, seperti Ghozali dari Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang. Ia mengatakan pelatihan bekam ini sangat baik, apalagi bekam sekarang merupakan pengobatan yang mulai dikenali masyarakat secara luas, dan terbukti khasiatnya.

“Bekam adalah pengobatan yang sudah dianjurkan sejak zaman nabi, tapi baru dikenali oleh masyarakat luas dalam beberapa tahun terakhir. Tentu sangat disayangkan, makanya dengan diadakan pelatihan bekam oleh LPKNI ini sangat bermanfaat sekali,” kata Ghozali.
Peserta Pelatihan Bekam LPKNI Antusias Menyimak Pemateri

Peserta lain juga menyambut positif pelatihan bekam ini, Robby Bio Bilhamd dari Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang, menurutnya pelatihan ini kalau bisa diadakan setiap kecamatan biar pesertanya lebih merata.

“Sebenarnya yang mau ikut pelatihan banyak, tapi hanya kebagian slot peserta 7 orang saja, maka dari itu, kami berharap ke depan pelatihan ini bisa dilakukan di setiap kecamatan, Karena dalam 1 kecamatan saja setidaknya memiliki minimal 10 desa , dengan harapan jika diadakan pelatihan di setiap kecamatan maka  setiap desa bisa memiliki seorang terapis bekam .

Pelatihan ini dibuka oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Malang, Abdurrachman yang mewakili Plt. Bupati Malang HM.Sanusi yang berhalangan hadir. Bertindak sebagai pemateri untuk pelatihan yang diadakan oleh LPKNI ini adalah Hardoyo selaku Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Tradisional Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Pakar Bekam Ustaz Abdillah Bin Salim, dan hadir pula Ustaz Achmad Jeffry dari Pusat Bekam dan Ruqyah Al Jeffry Mentaraman Talok Turen. (dit)

Posting Komentar

0 Komentar