Kak Awam, Pendongeng Setia yang Selalu Sigap Menghibur Anak-Anak Korban Bencana

Recents in Beach

Kak Awam, Pendongeng Setia yang Selalu Sigap Menghibur Anak-Anak Korban Bencana

Kak Awam saat mendongeng di lokasi gempa Lombok (Foto: Dok. Fb. Kak Awam)
Penulis: Ria M.

Jakarta - KabardanBerita.com - Setelah datang bencana, Indonesia pasti berduka. Luka mendalam tak hanya dialami orang dewasa tetapi juga dirasakan oleh anak-anak. Rasa trauma yang muncul akibat bencana dapat dihilangkan dengan terapi khusus secara berkala. Butuh waktu untuk menghilangkan rasa trauma pasca bencana. Oleh karena itu, untuk mengembalikan keceriaan anak-anak setelah terjadi bencana, sebuah komunitas dongeng kerap datang berkunjung ke lokasi terdampak bencana dan memberikan hiburan kepada anak-anak yang turut menjadi korban.

Salah satu cara untuk bisa mengembalikan keaktifan dan menghilangkan rasa trauma pada anak adalah dengan cara mendongeng. Melalui hiburan mendongeng, anak-anak korban bencana secara tidak langsung dapat belajar memahami isi cerita yang telah didongengkan oleh pendongeng.

Jika bencana datang, seorang relawan pendongeng yang akrab disapa Kak Awam prakoso pun tak akan segan-segan untuk datang bersama tim Kampung Dongeng alias KaDo yang ia dirikan. Kak Awam sengaja membentuk komunitas dan mengajak relawan untuk menggerakkan Galang Dana Aksi Peduli KaDo Indonesia. Melalui kegiatan mendongeng tersebut, KaDo bersama kak Awam sebagai komunitas khusus pendampingan anak, mengunjungi lokasi dan menghimpun semangat anak-anak di lokasi yang terkena musibah untuk mengembalikan kebahagiaan mereka.

"Seperti kita semua, kami merasa sedih. Namun wajah kami tetap harus ceria dan memberi semangat pada mereka," tanggapan Kak Awam si pendiri Kampung Dongeng.

Selama program berlangsung, tim Galang Dana Aksi KaDo Indonesia biasanya memberangkatkan relawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Setibanya tim di lokasi, Kak Awam akan membuat silabus kegiatan nonformal, karena biasanya pelajaran formal sudah diajarkan di sekolah darurat. Selama satu minggu, anak-anak akan mendapat pengalaman seru dan tak terlupakan. Anak-anak yang datang sendiri ataupun didampingi orang tuanya sudah pasti terhibur menyaksikan dongeng yang dibawakan kak Awam dan timnya.

Dengan pengeras suara sederhana, anak-anak antusias menyerap ilmu-ilmu yang diselipkan dalam dongengan, seperti kebersihan, kesuksesan, keberanian, kemandirian, dan budi pekerti. Tak hanya mendongeng saja, di posko utama bencana anak-anak yang beragama Islam akan diajak shalat subuh berjamaah, senam dan tentu saja mendongeng di pagi, siang, dan menjelang petang. Selama kegiatan penghilangan rasa trauma berlangsung, anak-anak juga akan diajak bermain dengan berbagai permainan seru sambil berkreasi. Mendongeng pun menjadi bagian yang dinanti anak-anak karena diselingi aksi memukau, seperti sulap dan boneka interaksi yang menggemaskan.
Sementara Kak Awam memdampingi di posko utama, relawan lainnya akan berkeliling ke posko-posko berikutnya. Sebelumnya Kak Awam dan tim KaDo Indonesia telah memberangkatkan relawannya ke Lombok dan Palu. Rencananya, Kak Awam dan tim akan memberikan bantuan sebagai relawan pada bencana tsunami di Selat Sunda, yaitu Banten dan Lampung. Tim KaDo Indonesia pun membuka kesempatan kepada para donatur yang ingin menyumbangkan dananya untuk akomodasi tim KaDo mendongeng selama seminggu di lokasi bencana. Kegiatan mendongeng oleh Kak Awam Prakoso dan tim KaDo dapat diketahui dengan menghubungi humas, Yuliana prakoso (082110199606).

Sinergi kita akan melahirkan energi kebahagiaan mereka. (RM)



Posting Komentar

3 Komentar